Tips Mengatasi Diare Saat Hamil yang Aman

Kehamilan perlu dijaga dengan baik hingga waktunya melahirkan. Hal tersebut sebenarnya susah-susah gampang dan perlu perhatian tidak hanya wanita hamil juga tetapi juga bantuan dari orang di sekitarnya. Saat sedang hamil tentunya wanita akan mengalami berbagai perubahan yang berbeda sebelum hamil. Sehingga hal tersebut membutuhkan perhatian baik dari diri sendiri, pasangan, keluarga, hingga dokter atau bidan yang menjadi tempat untuk mengetahui kondisi ibu hamil secara medis.

Perubahan yang dialami oleh ibu hamil salah satunya adalah akan lebih mudah mengalami masalah pencernaan. Hal tersebut dikarenakan perubahan pola makan dan juga masalah hormon. Sehingga saat hamil akan juga lebih mudah mengalami diare. Diare saat hamil sendiri disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan pola makan yang dapat mengganggu perut, sensitif pada makanan baru yang dikonsumsi, suplemen kehamilan yang dapat menyebabkan diare, dan terakhir karena perubahan hormon. Ketika mengalami diare, ibu hamil juga tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsi obat seperti biasanya. Pastikan untuk memilih obat dan cara yang aman untuk mengatasi diare yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

Mengkonsumsi makanan netral

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah diare saat sedang hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan netral. Jenis makanan yang netral tanpa bumbu tersebut akan dapat meredakan gejala diare yang dialami. Sehingga pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat yaitu makanan netral. Makanan yang mempunyai kandungan bumbu kuat seperti santan, cabai, dan juga bumbu lainnya akan dapat merangsang pencernaan dan membuat mual. Berbeda dengan makanan netral seperti sayuran bening ataupun ikan tanpa bumbu yang sangat baik untuk dikonsumsi saat ibu hamil sedang diare.

Minum air kelapa

Cara mengatasi diare selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan minum air kelapa. Jenis air tersebut mempunyai banyak manfaat termasuk untuk menetralisir racun. Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk obat alami mengatasi gejala diare yang dirasakan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi air kelapa juga akan membantu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena diare, sehingga hal tersebut juga dapat mencegah dehidrasi yang dapat berbahaya apabila tidak diatasi dengan segera.

Hindari susu dan kopi

Cara selanjutnya untuk mengatasi diare adalah dengan berhenti mengkonsumsi minuman yang tidak baik saat diare. Seperti makanan dengan bumbu kuat yang juga tidak baik untuk dikonsumsi saat diare, minuman seperti susu dan kopi juga sebaiknya dihindari. Susu merupakan bahan yang dapat membuat sensasi mual dan juga buang air besar terus-menerus. Selain itu juga bisa hindari kopi yang mempunyai kandungan kafein sehingga membuat rasa mual yang dialami dapat lebih parah. Minuman yang bagus dikonsumsi saat diare adalah teh manis dan air putih hangat yang dapat mengatasi rasa sakit dan juga memberikan sensasi hangat di perut dan badan.

Menghindari konsumsi buah

Cara mengatasi diare saat hamil adalah dengan menghindari buah-buahan tertentu. Pada umumnya buah dikenal merupakan bahan alami yang aman dan juga sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi hal tersebut juga perlu melihat kondisi yang dipunyai agar bisa mendapatkan manfaat buah-buahan yang dikonsumsi. Seperti saat sedang diare sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi buah yang mempunyai kandungan serat tinggi. Serat dapat membantu untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat membuat buang air secara terus-terusan. Apabila ingin mengkonsumsi buah, pastikan memilih buah yang tepat dan cocok untuk menghentikan diare.

Author: Dena Mardini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *