Kaya Manfaat! Inilah Manfaat Minyak Ikan Mampu Mengurangi Risiko Penyakit

Minyak ikan sering kali menjadi salah satu dari bahan utama suplemen, baik itu dalam bentuk kapsul, pil, maupun bentuk cairan, untuk bisa membantu mengatasi beragam jenis penyakit. Apa sebenarnya kandungan dan juga khasiat bahan makanan pendukung kesehatan yang satu ini?
Kaya Manfaat! Inilah Manfaat Minyak Ikan Mampu Mengurangi Risiko Penyakit

Minyak ikan sangat dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega 3 merupakan sebuah asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Pada dasarnya asam lemak omega-3 ini terdapat diberbagai sumber makanan dari laut dan juga sumber makanan nabati. Sebanyak 40% dari otak manusia mengandung lemak tak jenuh jamak, termasuk juga DHA. Oleh karena itu, banyak yang menyatakan kalau asam lemak omega 3 ini sangat berdampak pada kecerdasan anak.

Minyak ikan bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung ataupun dalam bentuk suplemen. Minyak ikan ini menjadi sangat spesial karena mengandung omega-3. Berupa asam lemak esensial yang sangat diperlukan untuk kesehatan, tapi tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh.

manfaat minyak ikan

Terdapat 2 jenis asam lemak omega-3 yang telah terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan juga eicosapentaenoic acid (EPA). Tuna, salmon, sarden, dan makarel merupakan berbagai contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Tiap 100 gram dari jenis ikan ini mengandung kurang lebih sekitar 1 gram asam lemak omega-3. Penelitian telah menemukan berbagai manfaat minyak ikan, antara lain yaitu :

1. Mengurangi Kadar Trigliserida

Minyak ikan ini terbukti bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Risiko terkena penyakit jantung akan sangat meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Mengonsumsi ikan yang kaya akan minyak ikan bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan juga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang telah mengonsumsi minyak ikan secara rutin. Maka risiko lebih rendah untuk bisa terkena serangan jantung, dan juga memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

3. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Minyak ikan ini bisa mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga mencegah peradangan. Sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

4. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat minyak ikan selain baik untuk berbagai kondisi kesehatan secara umum, juga mempunyai banyak sekali manfaat bagi ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan bisa mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan juga bisa meningkatkan berat badan lahir bayi.

5. Mengurangi Kebutuhan Akan Obat-obatan Asma

Minyak ikan ini dianggap mampu menurunkan berbagai kebutuhan obat-obatan asma pada sebagian anak, namun tidak bisa pada orang dewasa.

6. Potensi Pencegahan Kanker

Minyak ikan yang cukup sangat populer dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan sehingga tak jarang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatannya terhadap pencegahan kanker. Namun sejauh ini penelitian juga menunjukkan bahwa klaim tersebut tidak tepat, karena tidak bisa ditemukan adanya pengaruh konsumsi minyak ikan terhadap penurunan risiko penyakit kanker.

7. Membantu Penderita Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang akan menyerang sistem saraf otak dan juga tulang belakang. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor risiko seperti halnya autoimun, genetik, umur, dan juga jenis kelamin. Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Oregon Health and Science University juga menyatakan bahwa konsumsi minyak ikan selama tiga bulan lebih bisa membantu pengobatan penderita multiple sclerosis ini.

8. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Penelitian yang telah dilakukan pada kelompok usia lanjut, menemukan kalau salah satu manfaat minyak ikan ini bisa membantu menjaga fungsi kognitif pada lansia. Selain itu, orang yang terbiasa untuk mengonsumsi minyak ikan akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik. Jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak terbiasa untuk mengonsumsinya.

9. Mencegah Penurunan Massa Otot Pada Pasien Kanker

Seorang pasien kanker yang sedang mengalami pengobatan rentan akan kehilangan massa otot. Sebuah percobaan yang telah dilakukan pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, maka ditemukan 16 pasien yang mengonsumsi minyak ikan dengan teratur dan tidak terlalu mengalami penurunan berat badan yang cukup banyak.

10. Mampu Meningkatkan Efek Dari Olahraga

Jika Anda telah mengonsumsi minyak ikan, kemudian Anda berolahraga, maka manfaat yang akan diperoleh tubuh Anda akan lebih banyak. Sebuah penelitian yang telah dilakukan di University of South Australia, disana mengungkapkan bahwa melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu. Kemudian diiringi dengan konsumsi minyak ikan, bisa menurunkan berat badan dan juga kadar lemak secara drastis pada orang yang telah mengalami obesitas dan overweight.

Kalau dilihat dari manfaat minyak ikan dengan dosis rendah relatif cukup aman bagi sebagian besar orang, misalnya wanita hamil dan juga menyusui. Namun mengingat kondisi dan juga riwayat kesehatan tiap orang itu berbeda-beda. Jadi sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum Anda mengonsumsi minyak ikan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *