Waspada Tanda Kekurangan Vitamin D, Ini Cara Mudah Mencegahnya

Tanda kekurangan vitamin tak terkecuali vitamin D rupanya kerap tidak disadari, karena gejalanya terbilang tidak spesifik dan sangat umum dirasakan oleh setiap orang. Padahal kekurangan vitamin ini juga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan, salah satunya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Untuk itu beberapa tanda di bawah ini wajib diwaspadai, sehingga nantinya dapat melakukan pencegahan untuk mengurangi risiko terkena penyakit lain akibat kurangnya asupan zat ini.

Tanda-tandanya

Berikut gejala yang wajib diwaspadai, diantaranya :

  • Tubuh mudah mengalami sakit seperti flu atau pilek.
  • Rambut mengalami kerontokan parah.
  • Nyeri tulang serta punggung bagian bawah.
  • Nyeri otot.
  • Pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  • Rasa lelah berlebih.
  • Luka tak kunjung sembuh setelah cedera atau operasi.
  • Stres berlebih hingga depresi.

Beragam Penyebabnya

Setelah mengetahui gejalanya, apa sebenarnya penyebab asupan zat ini kurang terpenuhi dalam tubuh?

  • Sering melindungi diri dengan pakaian tertutup seperti menggunakan sarung tangan, topi, dan lain-lain, sehingga tubuh kurang mampu menyerap vitamin D dari matahari ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Penggunaan sunscreen atau tabir surya berlebihan.
  • Menderita obesitas.

Cara Mudah Mengatasinya

Berjemur

Agar bisa mendapatkan asupannya secara maksimal, ada baiknya untuk berjemur di bawah sinar mentari pagi setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Diet

Apabila Anda mengalami obesitas, disarankan untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Sehingga nantinya vitamin tidak akan hilang oleh sel lemak dari darah, dan dapat diserap maksimal oleh tubuh.

Gunakan sunscreen secukupnya

Menggunakan sunscreen atau tabir surya memang baik, karena dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Namun penggunaan yang berlebihan juga tidak baik, terlebih apabila Anda tidak menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari secara langsung.

Konsultasi dengan dokter

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter terkait masalah kurangnya asupan vitamin D ini, sehingga dapat mengetahui bagaimana cara tepat mengatasinya sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Konsumsi makanan tinggi vitamin D

Selain itu konsumsi makanan kaya zat ini seperti ikan-ikanan, telur, jamur, sereal dan oatmeal, hingga produk susu. Ensure dapat menjadi pilihan tepat guna membantu memenuhi asupan nutrisi bagi kekuatan serta daya tahan tubuh setiap hari. Mengandung Triple Protein, sehingga mudah dicerna serta bertahan lama dalam tubuh.

Demikianlah tanda kekurangan vitamin D serta bagaimana cara mudah mencegahnya.

Author: Dena Mardini

Leave a Reply

Your email address will not be published.