Cara Mudah Mengeluarkan Kunci Motor yang Patah di Dalam

Kunci menjadi barang yang sangat penting untuk sebuah kendaraan bermotor. Tanpa kunci, motor tidak bisa dinyalakan dan dipergunakan berkendara. Hanya saja, disebabkan oleh ukurannya yang kecil, kunci motor sering kali hilang atau terselip.

Namun, paling merepotkan adalah ketika kunci yang masih berada di dalam motor patah begitu saja, meninggalkan sisa kunci di dalamnya. Di saat seperti itu, kemungkinan akan sulit mengambil sisa-sisa kunci yang tertinggal. Jika hal tersebut terjadi, coba lakukan beberapa langkah berikut ini.

Kunci Patah

Lakukan Ini ketika Kunci Motor Patah di Dalam

1. Gunakan tang cucut untuk membuka lubang kunci

Salah satu langkah mudah yang dapat kamu terapkan untuk mengambil sisa kunci di dalam lubang kunci adalah menggunakan tang cucut. Pertama, coba masukkan tang cucut ke lubang kunci, masukkan sampai lubang kunci menjadi terbuka lebar. Setelah itu masukkan tang lebih dalam dan jepit sisa kunci yang patah tersebut. Tarik perlahan sampai tidak ada sisa kunci yang tertinggal.

Apabila tang cucut kurang kecil, kamu bisa menggunakan pinset untuk mengambil sisa kunci. Bisa juga menggunakan kawat yang lebih kecil. Ada baiknya menggunakan kawat yang tidak mudah bengkok, karena kemungkinan akan lebih sulit untuk menjepit kunci dan menariknya keluar.

2. Coba gunakan perekat besi

Cara lain untuk mengambil kunci yang tertinggal di dalam lubang kunci motor adalah menggunakan perekat atau lem besi. Namun, kamu perlu teliti menggunakan cara ini. Pertama, bersihkan dulu bagian kunci yang patah serta lubang kunci menggunakan minyak. Setelah itu, aplikasikan lem pada pangkal kunci yang patah, masukkan ke lubang kunci dengan hati-hati dan pastikan tertempel dengan tepat. Tunggu sampai lem kering, lalu tarik sampai patahan kunci tersebut tertarik ke luar semua.

3. Panggil tukang service profesional

Apabila kedua cara tersebut tidak bisa kamu lakukan karena takut gagal, cara paling mudah adalah memanggil tukang service motor ke rumah. Mereka biasanya memiliki peralatan lengkap dan sudah terlatih mengatasi permasalahan seperti ini, sehingga kamu tidak perlu khawatir lubang kuncimu malah rusak akibat percobaan yang gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *