Komponen Motor yang Harus Anda Perhatikan Dalam Merawat Motor

Merawat sebuah motor adalah sebuah hal yang penting agar menjaga beberapa kondisinya agar tetap prima. Menjaga kondisi motor bisa dengan mencuci bagian motor tersebut, namun dalam prosesnya tidak hanya dengan menyiram air saja. Untuk merawat motor, ada beberapa komponen yang wajib anda perhatikan dan bersihkan agar motor selalu prima.

Hal yang membuat motor cepat kotor adalah jika anda habis melewati hujan atau medan yang berlumpur. Bisa juga jika daerah anda rentan terkena banjir menjadikan faktor lain yang membuat motor anda bisa menjadi lebih rentan kotor. Yang utama, anda jangan anggap sepele masalah motor kotor karena akan mengurangi performa motor dan membuat suku cadangnya bermasalah.

Merawat Motor

Komponen Penting Untuk Selalu Terjaga Pada Motor

Untuk membuat motor selalu dalam kondisi bersih, maka berikut ini bagiannya yang harus dibersihkan :

1. Suspensi Motor

Bagian motor yang perlu dibersihkan adalah bagian suspensi yang rentan terkena masalah lingkungan. Seperti hujan atau lumpur bisa membuat kotor serta membuat motor menghasilkan suara yang tidak nyaman ketika digunakan. Segera mungkin bersihkan ketika sudah terlalu kotor dan beri pelumas yang tepat agar bagian tersebut tetap awet dan membuat motor nyaman.

2. Rantai motor

Bagi anda yang memiliki motor matic, tentunya tidak perlu mengurusi dan memperhatikan bagian ini. Namun, beda cerita jika anda memiliki motor yang berjenis bebek atau kopling akan membuat anda lebih rentan rusak pada bagian rantai tersebut. Ketika anda tidak merawat bagian ini, maka rantai akan cenderung mudah putus dan membuat anda keluar dana lebih.

3. Mesin motor

Ketika cuaca jelek dan medan yang kurang baik, maka bagian motor terutama mesin bisa terkena dampaknya. Tentunya mesin motor yang terkena bekas lumpur atau hujan berlebih harus segera dibersihkan agar tidak menghambat kinerja motor. Dengan begitu, anda tetap bisa menjaga keadaan mesin agar tetap stabil tanpa masalah lainnya.

Beberapa komponen tadi harus bisa anda lihat untuk dirawat secara berkala dan anda bisa menjaga kondisinya. Bagian tersebut tentunya merupakan bagian penting agar motor tetap bisa berjalan dan mengeluarkan suara yang normal. Akan mengganggu tentunya jika motor anda menghasilkan suara yang tidak halus serta kurang nyaman ketika akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *