4 Penyebab Kopling Mobil Berat dan Cara Untuk Mengatasinya

Pada sebuah mobil, kopling mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Mengingat fungsinya yang digunakan untuk memutus maupun menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Bagi anda yang mempunyai mobil matic, pasti tidak perlu dipusingkan dengan masalah ini. Terlebih lagi pengguna mobil manual juga sering merasakan kopling terasa berat. Lantas apa penyebab kopling mobil berat?

Kopling mobil yang terasa keras atau berat ini sendiri disebabkan oleh beberapa faktor. Tetapi beberapa dari penyebabnya adalah karena kurangnya perawatan serta perilaku pemilik mobil yang buruk. Untuk anda yang mengalami masalah kopling mobil berat, berikut ini beberapa penyebabnya dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Kopling Mobil Berat

Penyebab kopling mobil berat

1. Kabel kopling

Adapun penyebab pertama yang mengakibatkan kopling mobil menjadi lebih berat adalah kabel atau kawat baja yang seret. Penyebabnya adalah karena jarangnya diberi pelumas berupa oli. Hal ini lah yang membuat kabel kopling menjadi rawan garing dan ujung pedal kopling pun akan terasa lebih berat. Solusinya, anda bisa langsung memberikan pelumas.

2. Pilot bearing

Adapun penyebab kopling mobil berat adalah pada pilot bearing. Komponen yang satu ini sendiri memiliki fungsi untuk menompang input shaft dengan tujuan agar sejajar pada sumbu tengah poros engkol. Apabila pilot bearing ini mengalami adanya kemacetan maka akan berdampak pada kopling mobil anda sehingga akan terasa berat. Solusinya, anda bisa langsung mengganti bagian yang rusak.

3. Realease bearing

Realease bearing ini sendiri memiliki peran seperti dengan pilot bearing tetapi untuk menekan plat pegas diafragma yang bisa anda temukan pada cover clutch. Jika komponen ini mengalami gangguan maka akan langsung berpengaruh pada kopling mobil ketika anda menginjaknya akan terasa berat.

4. Kampas kopling

Kampas kopling memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah sistem kerja kopling. Kampas kopling yang sudah mengalami penipisan ternyata bisa menyebabkan adanya masalah pada kopling jika tidak segera diganti. Untuk mengetahui kampas kopling rusak, anda bisa melihat dari mobil yang akan mengeluarkan bau angus.

Kopling menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam mobil. Tetapi terkadang kampas mobil ini mengalami masalah. Demikian penyebab kopling mobil terasa berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *