Cara Merawat Mobil Matic yang Membuat Usia Mobil Anda Lebih Panjang

Kelebihan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual adalah cara mengoperasikannya yang lebih mudah. Namun, tahukah Anda bahwa merawat mobil matic berbeda dengan merawat mobil manual.

Hal ini dikarenakan kedua jenis mobil tersebut memiliki karakter yang berbeda sehingga perawatannya pun berbeda pula. Cara berikut ini bisa Anda lakukan agar mobil matic menjadi lebih awet.

Tips Perawatan Mobil Matic

Lakukan Servis Rutin Untuk Menjaga Performa Mobil

1. Memanaskan mobil sebelum berkendara

Sebelum Anda bepergian, usahakan untuk memanaskan mobil terlebih dahulu. Biasanya orang melupakan hal ini karena dalam keadaan terburu-buru. Memanaskan mobil bertujuan untuk mempersiapkan mesin sebelum bekerja cukup lama. Jika melupakan hal ini, mesin akan kaget dan membuat mobil Anda cepat rusak.

2. Rutin mengganti oli mesin

Mengganti oli mesin sebenarnya bisa juga dilakukan saat melakukan servis rutin. Oli mesin sangat penting untuk performa mobil matic. Jangan sampai Anda lupa mengganti oli mesin karena ini akan berdampak pada kesehatan mesin mobil Anda. Bahkan, hal ini juga akan mempengaruhi seberapa lama usia mobil Anda nantinya dapat bertahan.

3. Melakukan servis rutin

Konsekuensi memiliki mobil matic adalah harus selalu melakukan servis rutin. Servis ini bertujuan agar masalah-masalah yang kecil segera teratasi dan tidak menjadi masalah yang lebih besar. Selain itu, ketika ada masalah yang besar maka bisa segera diperbaiki. Untuk menjaga performa mobil matic Anda, usahakan untuk melakukan servis rutin setiap 1 bulan sekali.

4. Rutin mengganti oli transmisi

Selain oli mesin, oli transmisi juga perlu Anda perhatikan. Setidaknya Anda harus mengganti oli transmisi setiap 25.000 km perjalanan dan usahakan jangan melebihi 50.000 km. Usahakan pakailah oli transmisi yang benar-benar kompatibel dengan mobil Anda. Jangan sampai salah memilih oli karena ini akan berdampak pada performa mobil.

Jika Anda berada di lingkungan dengan curah hujan tinggi dan sering terkena banjir, Anda juga harus sering-sering mengganti oli transmisi agar terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan. Air banjir atau hujan deras dapat masuk ke dalam gearbox yang mengakibatkan mobil bisa mengalami kemacetan transmisi atau gear.

Dengan disiplin melakukan hal di atas, mobil matic Anda akan menjadi lebih awet. Selain itu, performa mobil Anda juga akan terjaga kestabilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *