Cara Memasang Aki Motor Dengan Benar, Wajib Dibaca!

Aki motor menjadi salah satu komponen yang penting pada motor. Tanpa adanya aki ini, maka motor anda tidak akan bisa berjalan dengan sebaiknya. Buat anda yang memiliki motor, melakukan perawatan pada aki motor memang sudah menjadi kewajiban bagi anda. Termasuk mengetahui bagaimana cara memasang aki motor dengan benar.

Bagaimana cara memasang aki sendiri ternyata tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Khususnya bagi mereka yang belum pernah melakukannya atau takut apabila penggantian aki motor sendirian bisa merusak komponen yang lainnya. Nah, untuk anda yang ingin mengganti aki motor, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Memasang Aki Motor Yang Benar

Cara memasang aki motor yang benar

1. Lepaskan kabel dan baterai aki dahulu

Cara pertama yang wajib anda lakukan ketika akan mengganti aki motor adalah dengan melepaskan kabel terlebih dahulu. Anda bisa mencabut semua kabel yang menempel pada bagian aki dengan hati-hati. Perlu anda ingat, kabel yang bermuatan negative, wajib anda lepaskan terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa melanjutkan untuk melepas baterai aki.

2. Pasangkan aki yang masih baru sebagai penggantinya

Jika sudah, maka cara memasang aki motor yang berikutnya adalah dengan memasangkan aki yang baru. Jika sudah terpasang, maka anda bisa langsung mengatur kabel-kabel yang sudah dilepaskan. Disini, kabel dengan muatan yang negative bisa anda pasang paling akhir. Jangan lupa menambahkan cairan anti korosi pada bagian aki yang baru.

3. Jangan lupa untuk membersihkan debu yang menempel pada aki

Tips berikutnya, jangan sampai lupa untuk membersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada aki. Hal ini berguna untuk menjaga kinerja dari aki baru anda tersebut agar bisa bertahan lama dan awet.

4. Jangan lupa melakukan pengecekan

Berikutnya, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan. Anda bisa langsung mengecek bagian regulator aki dan pastikan anda tidak menemukan adanya kerusakan pada bagian regulator aki tersebut.

Memasang aki motor memang bukan menjadi perkara yang mudah bagi beberapa orang. Tatapi dengan panduan cara memasang aki motor diatas, dijamin anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *