Merasa AC Mobil Kurang Dingin? Ada Trik Untuk Mengatasinya

Mobil tanpa AC tentu akan terasa pengap. Apalagi saat macet dan tidak memungkinkan untuk membuka kaca jendela mobil karena banyaknya polusi. Terkadang Anda merasa sudah menyalakan AC, namun merasa AC mobil kurang dingin.

Ternyata agar AC bisa selalu dingin, tak cukup hanya membersihkan filternya atau mengisi ulang freon, karena masalah AC kurang dingin tak melulu soal freon habis. Freon bisa awet dalam waktu yang cukup lama.

Solusi Mengatasi Acmobil Kurang Dingin, Liputan6.com

Anda harus tahu beberapa trik penting lain dalam perawatannya agar AC mobil selalu dingin dan segar walaupun cuaca di luar sedang panas-panasnya. Yuk langsung disimak.

1. Jangan Langsung Menyalakan AC

Cara yang paling gampang Anda biasakan adalah tidak menyalakan AC bersamaan saat mesin mobil dihidupkan. Hidupkan AC saat kinerja mesin mobil sudah stabil. Bukan tanpa sebab, ada beberapa bahaya yang timbul jika Anda mengabaikan hal sepele ini.

Udara dingin yang keluar dari AC akan bercampur dengan udara dalam mobil dan membentuk senyawa beracun yang dikenal dengan Benzena. Benzena yang terhirup oleh tubuh dapat menimbulkan beberapa macam penyakit, antara lain ginjal, hati, anemia, leukimia, hingga keguguran pada ibu hamil. Cukup mengerikan ya dampaknya.

2. Tutuplah Kaca Jendela Anda

Membuka jendela saat berkendara dapat mengganggu kinerja AC. Debu dan kotoran dari luar dapat masuk ke dalam mobil. Akibatnya, debu dan kotoran tersebut juga akan masuk pada AC dan mengotorinya. Ini akan membuat kinerja AC tak optimal dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Jaga Kebersihan Kabin dan Pasang Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kabin Anda dari kotoran dan debu. Apalagi pada bagian depan, terutama karpet, agar tak memicu masalah pada AC mobil Anda.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memasang filter kabin. Fungsinya adalah untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk dalam mobil agar tak terhisap oleh AC dan membuat evaporatornya kotor. Saat diservis, minta juga untuk menyemprotnya agar bersih.

4. Bersihkan Kondensor

Saat Anda mencuci mobil, bersihkan juga komponen kondensor. Masalah yang timbul pada AC sering pula disebabkan karena kondensor rusak atau kotor. Kotoran yang menempel lama pada kondensor dapat mengakibatkan kebocoran atau bahkan korosi. Jadi, hilangkan debu dan kotoran hingga benar-benar bersih ya.

5. Periksa Selalu Kipas Kondensor

Apabila AC Anda dilengkapi dengan kipas kondensor, maka Anda harus memeriksa putarannya dengan rutin. Jika kipas tak menyala saat AC dihidupkan, sebaiknya segera lakukan servis ke bengkel. Sebab jika dibiarkan akan merusak kompresor. Bahkan juga bisa mengakibatkan selang kompresor meledak.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar AC mobil selalu dingin dan segar. Pastikan juga untuk tidak merokok di dalam mobil ya. Asap rokok dapat terhisap AC dan membuatnya berlendir serta mengakibatkan bau yang tak sedap. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *