Lakukan Hal Ini Supaya Kunci Motor Awet Tidak Mudah Patah

Motor tanpa kunci mungkin kini sudah mulai menjadi trend, sebab orang-orang merasa lebih mudah mengoperasikan motor dengan remot tanpa repot memasukkan kunci ke lubangnya. Akan tetapi, banyak juga orang yang masih bertahan dengan motor berkunci konvensional, biasanya karena alasan lebih familier.

Masalahnya, kunci konvensional memiliki kendala yang sering sekali membuat orang-orang khawatir, yaitu ketika kunci motor patah. Entah karena diduduki, atau malah patah ketika akan ditarik dari lubang kuncinya. Supaya hal itu tidak terjadi, coba lakukan perawatan berikut ini supaya kunci tidak patah di dalam.

Mencegah Kunci Motor Patah

Tips Mencegah Kunci Motor Patah di Dalam

1. Saat kunci macet, gunakan pelumas

Ketika kunci yang akan dikeluarkan dari lubangnya tiba-tiba macet, ada baiknya kamu tidak memaksa untuk mengeluarkannya. Sebab, meskipun sepertinya kuat, kunci sebenarnya mudah sekali patah ketika terkena tekanan.

Ada baiknya kamu mencoba untuk menyemprotkan pelumas ke lubang kunci, hal tersebut sangat membantu untuk mengeluarkan kunci dengan mudah. Atau, ketika kunci dimasukkan dan sulit diputar, kamu juga bisa melakukan trik yang sama.

Hanya saja, penggunaan pelumas seperti oli cukup memengaruhi kondisi kelistrikan motor, sehingga kamu perlu hati-hati ketika mengaplikasikannya. Apabila kamu merasa perlu membersihkan lubang kunci dengan lebih baik, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa profesional. Mereka tentu memiliki cara yang lebih ahli untuk mengatasi kemacetan kunci motor.

2. Usai kunci dicabut, aktifkan penutup kunci

Jika kamu adalah pengguna motor matic keluaran baru, kamu akan mendapati fitur penutup kunci. Fitur tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk mencegah motor dibobol maling dengan menutup lubang kunci.

Namun, fitur tersebut juga memiliki guna untuk mencegah lubang kunci kemasukan debu, air, dan hal-hal kecil yang bisa menyebabkan lubang kunci macet karena karatan. Oleh sebab itu, jika meninggalkan motormu dalam waktu lama, tidak ada salahnya membiasakan diri menggunakan fitur penutup kunci tersebut.

3. Hindari menggunakan gantungan kunci yang berat

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kunci sebenarnya sangat rapuh, sehingga kamu perlu menghindarkannya dari membebani kunci dengan sesuatu yang terlalu berat, salah satunya jangan menggunakan gantungan kunci yang terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *