Ternyata Ini Manfaat Gula Pasir bagi Tubuh

Salah satu elemen makanan yang cukup penting adalah gula. Bahan ini hampir selalu digunakan baik itu untuk membuat masakan maupun minuman. Ada berbagai macam gula, salah satunya adalah gula pasir. Di minimarket atau toko kelontong gula pasir 1 kg biasanya berada di kisaran harga Rp15.000,00 dan bisa dibeli di Blibli.com. Berbicara tentang gula, tahukah Anda bahwa gula memiliki peranan yang cukup penting? Berikut penjelasannya.

Manfaat dari Gula untuk Tubuh

gula pasir Gulaku 1 kg

1. Membantu orang dengan tekanan darah rendah

Terkadang orang yang mempunyai tekanan darah yang rendah akan tiba-tiba mengalami keadaan hampir pingsan atau blackout. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki cukup energi untuk melakukan sesuatu, bahkan untuk sekadar bertahan pada kesadaran tertentu. Apabila kejadian tersebut dialami, sebaiknya segera mengonsumsi gula, bisa dalam bentuk minuman atau sugar cube untuk meningkatkan tekanan darah.

2. Menjadi sumber energi instan

Saat sudah dikonsumsi dan masuk dalam darah, gula akan diubah menjadi glukosa. Glukosa ini kemudian akan diserap sel-sel tubuh lalu menghasilkan energi. Karena inilah banyak para olahragawan yang membawa gula dalam bentuk sugar cube yang bertujuan untuk memberikan energi secara cepat. Cara lain untuk menghasilkan energi adalah dengan makan. Namun, setidaknya harus ada jeda beberapa saat sebelum boleh berolahraga berat.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Siapa bilang mengonsumsi gula hanya untuk sumber energi saja? Nyatanya, gula juga dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan kulit karena kandungan asam glikolat yang ada di dalamnya. Gula ini bisa menghilangkan noda yang terdapat pada wajah. Selain itu, keseimbangan minyak kulit juga akan lebih terjaga jika mengonsumsi gula dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Ciri Gula Pasir Layak Konsumsi

1. Memiliki tekstur kasar

Gula pasir dalam kondisi baik akan memiliki tekstur kasar saat dipegang. Memang untuk mengecek hal ini saat ini tidak mudah karena kebanyakan gula pasir sudah dibungkus dengan plastik rapat. Untuk mengatasinya, Anda bisa meraba tekstur langsung dari kemasan. Jika gula tersebut terasa kasar dan saling bergesekan, maka gula tersebut aman dikonsumsi.

2. Berwarna agak kuning

Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan, khususnya jika Anda membeli gula di toko atau pasar dengan kemasan plastik biasa yang diikat dengan tali. Jangan membeli gula yang berwarna terlalu putih. Memang secara visual gula ini terlihat bersih dan menarik perhatian. Namun, gula yang seperti ini berkemungkinan besar dibuat dengan tambahan bahan pewarna. Warna putih gading adalah warna yang natural untuk gula.

3. Tidak menggumpal

Gula yang hendak Anda beli sebaiknya juga tidak menggumpal. Alasan pertama adalah jika Anda melihat gula menggumpal di dalam kemasan, bisa dipastikan kemasan tersebut tidak tertutup dengan baik dan layak dicurigai. Alasan kedua, gula yang menggumpal bisa menjadi indikasi bahwa gula tersebut tidak murni dan ada campuran bahan-bahan lain.

4. Cepat larut

Sebelum mengonsumsi gula, cobalah untuk melarutkan gula pada air. Gula pasir yang baik akan lebih cepat larut dalam air. Jika gula sudah susah larut, maka kualitasnya bisa dikatakan sudah tidak baik lagi dan sebaiknya Anda tinggalkan.

Itulah seputar informasi mengenai manfaat gula dan juga tips menilai apakah gula pasir layak konsumsi atau tidak. Bagaimanapun juga, Anda juga harus memperhatikan takaran konsumsi gula, jangan berlebihan dan juga jangan sampai kekurangan. Jangan sampai manis yang Anda rasakan akan berubah menjadi pahitnya penyakit di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *