May 14, 2024

Menjalankan sebuah perusahaan tidak akan lepas dari manajemen Sumber Daya Manusia agar bisa menyelesaikan tanggung jawab sesuai visi dan misi. Untuk melancarkan proses ini, dapat menggunakan jasa konsultan HRD dengan berbagai layanan serta solusi.

Pekerjaan Konsultan SDM mempunyai peran penting untuk membantu melakukan sejumlah pekerjaan dalam perusahaan. Jika tidak dilakukan dengan ilmu serta pengalaman yang baik, maka hasilnya juga kurang optimal.

Penggunaan jasa HR Consultant bisa memberikan sejumlah solusi terkait berbagai bidang SDM dalam perusahaan sehingga dapat mencapai target yang sudah ditentukan. Pekerjaan ini meliputi sejumlah ruang lingkup.

Ruang Lingkup Pekerjaan Konsultan HRD

Perusahaan biasanya terdiri dari beberapa tim yang mempunyai peran tertentu. Untuk meningkatkan kualitas kerjanya, maka konsultan sangat dibutuhkan karena mencakup beberapa ruang lingkup seperti berikut ini.

1. Menyusun Key Performance Indicator (KPI)

Pekerjaan pertama menyangkut penyusunan Key Performance Indicator (KPI) baik untuk karyawan atau perusahaan. Ini merupakan indikator yang digunakan supaya bisa membuat standar pencapaian target dan tujuan dari bisnis Anda.

Melakukan evaluasi pekerjaan menjadi salah satu tugas penting sehingga para pekerja bisa mengevaluasi diri mereka sehingga terjadi peningkatan skill. Penyusunan KPI juga membantu menjadi alat mnetapkan strategi serta tujuan ke depannya.

2. Menyusun Proses Recruitment

Konsultan SDM juga melakukan penyusunan untuk proses recruitment atau penerimaan tenaga kerja baru. Mereka akan membantu kandidat dapat memperoleh pekerjaan sesuai posisi yang dilamar serta pastinya sesuai kemampuannya.

Sebagai konsultan, maka harus mengetahui kompetensi dan kemampuan para kandidat sehingga mampu menetapkan dimana akan masuk ke divisi tertentu. Pada tugas ini, juga melakukan sejumlah hal, mulai dari pembuatan iklan, menghubungi kandidat, meninjau resume, sampai wawancara.

3. HR Audit

HR Consultant mempunyai ruang lingkup Audit pada Sumber Daya Manusia perusahaan dalam rangka mengukur efektivitas penggunaan SDM tersebut. Selain itu, proses audit juga bertujuan menciptakan perspektif menyeluruh pada pengelolaan SDM.

Pada intinya, dalam kegiatan audit bisa menemukan masalah serta solusi dengan menggunakan metode-metode seuai kode etik pada Undang-Undang. Selain itu, bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia demi tercapainya tujuan perusahaan.

4. Training and Development

Konsultan HRD juga melakukan training and development dalam rangka menaikkan kualitas para karyawan sehingga mampu bersaing dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pengembangan pekerja harus diperhatikan agar perusahaan mampu bertahan.

Program L&D ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan penyedia jasa konsultan SDM. Dengan demikian, bisa mendapatkan berbagai layanan penting dan bermanfaat untuk menunjang kemajuan bisnis.

Dalam rangka menaikkan kualitas SDM, maka konsultan hrd akan membantu Anda dengan melakukan sejumlah pekerjaan penting. Gunakan layanan pada konsultanhrd.co.id yang sudah berpengalaman dan diisi praktisi ahli di bidang HR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *