3 Cara Mudah Mengatasi Jerawat dengan Cuka Apel

Selain dikenal sebagai campuran makanan, cuka apel baru-baru ini juga ramai dibicarakan karena manfaatnya untuk mengatasi jerawat. Hal ini memang belum sepenuhnya terbukti.

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel

Namun beberapa telah mengatakan, bahwa kandungan asam sitrat, suksinat, serta asam asetat pada cuka memang mampu membunuh bakteri P.aces. Adapun cara mudah mengatasi jerawat dengan cuka apel, yaitu:

1. Sebagai Masker

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat menggunakan cuka apel yaitu dengan menjadikannya sebagai masker. Untuk pemilik kulit yang sensitif, tips pertama ini memang tidak disarankan. Hal itu karena, seperti halnya baking soda, pada kulit sensitif, masker cuka dikhawatrirkan akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Namun untuk kulit yang tidak sensitif, cara ini bisa menjadi alternatif perawatan alami yang sangat ampuh dengan pengaplikasian yang juga mudah. Yaitu, Anda hanya tinggal mengoleskan masker cuka pada area muka yang berjerawat. Tunggu hingga kira-kira 20 menit, kemudian bersihkan menggunakan air dingin.

2. Sebagai Toner Alami

Mengatasi jerawat dengan cuka apel juga bisa dilakukan dengan menjadikan cuka sebagai toner alami. Karena akan digunakan sebagai obat jerawat, maka ada baiknya toner ini nantinya dikombinasikan dengan bahan alami lain yang memiliki kandungan yang sama. Salah satunya yaitu gel lidah buaya. Kombinasi antara kedua bahan ini, terbilang ampuh. Bukan hanya untuk menyembuhkan jerawat, bahkan juga bisa memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat jerawat.

Adapun cara pembuatan toner yaitu, campurkan cuka apel, gel lidah buaya, dan juga air. Agar pengaplikasian mudah, buat toner agak encer, kemudian masukkan pada botol semprot yang sebelumnya telah disterilkan.

3. Sebagai Facial Steam

Pengaplikasian cuka apel untuk mengatasi jerawat selanjutnya yaitu sebagai facial steam atau penguapan wajah. Seperti halnya facial steam dengan bahan lainnya, facial cuka juga bertujuan untuk membuka sekaligus membersihkan kotoran wajah melalui pori-pori. Untuk kulit dengan masalah jerawat dan minyak, cara ketiga ini sangat tepat dipilih.

Cara pengaplikasiannya yaitu, larutkan cuka apel dengan air, kemudian masak hingga menghasilkan uap. Selanjutnya, beri campuran sedikit tea tree oil, dan pindah larutan ke dalam mangkuk. Setelah siap, bungkus kepala Anda menggunakan anduk, kemudian posisikan wajah di atasnya mangkuk. Lakukan hingga beberapa menit, hingga dirasa uap meresap pada wajah.

Itulah 3 cara pengaplikasian cuka apel untuk mengatasi jerawat. Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa mengatasi jerawat dengan cuka apel dengan cara lain. Dengan catatan, pengaplikasian cuka harus benar-benar tepat. Sehingga bahaya cuka apel untuk wajah seperti iritasi tidak akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *